Cara Membuat Read More Otomatis

Ditulis oleh: -
Read More Otomatis – Read more dalam blog sangat berperan penting bagi tampilan halaman depan blog tersebut. Pemasangan read more dapat meringkas kalimat dalam satu postingan yang panjang menjadi lebih pendek. Sehingga, dengan adanya read more yang meringkas tulisan ini dapat membuat halaman depan blog kita menjadi lebih rapi dan nyaman dilihat.

Cara Membuat Read More Otomatis

Jika kita memiliki blog yang menggunakan template bawaan dari blogspot, kita tentu tidak akan memiliki template yang dilengkapi fungsi read more di dalamnya. Blogspot memang tidak menyediakan fasilitas read more dalam template blognya. Sehingga, jika kita ingin menggunakan fasilitas read more ini di dalamnya maka kita perlu memasangnya secara manual. Read more memiliki banyak fungsi seperti meringkas tulisan dari sebuah postingan yang muncul di halaman depan blog, meningkatkan pageviews dan durasi berkunjung di blog, hingga manfaat utamanya yaitu membuat tampilan halaman depan blog menjadi lebih ringkas dan rapi ketika dilihat.

Untuk memudahkan dalam proses penggunaannya, kita dapat memasang read more yang bersifat otomatis. Pemasangan read more otomatis ini berbeda dengan read more biasa karena read more otomatis akan meringkas dan melakukan fungsi read more dalam setiap postingan di halaman depan blog kita tanpa perlu memasukan kode HTML tertentu ketika menerbitkan postingan blog secara manual. Sehingga, pemasangan read more otomatis ini tentu lebih mudah dan menguntungkan daripada read more biasa.

Pemasangan read more otomatis di blog ini juga mudah dilakukan. Kita hanya perlu memasukan javascript dan kode lainnya dalam template blog kita. Adapun cara untuk memasang read more di blog selengkapnya adalah sebagai berikut:

Pertama, masuk ke dalam akun blogger kita masing-masing.

Klik rancangan.

Klik edit HTML.

Klik expand template widget.

Cari kode berikut.

</head>

Masukan kode berikut di atasnya.

<script type='text/javascript'>
var thumbnail_mode = &quot;float&quot; ;
summary_noimg = 300;
summary_img = 170;
img_thumb_height = 150;
img_thumb_width = 250;
</script>
<script src='http://gubernurblogger.blogspot.com/files/readmore-otomatis.js' type='text/javascript'/>

Cari kode berikut.

<data:post.body/>

Hapus dan ganti dengan kode di bawah ini.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<data:post.body/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<data:post.body/>
<b:else/>
<div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'>
<data:post.body/>
</div>
<script type='text/javascript'>
createSummaryAndThumb(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);
</script>
<div style='clear: both;'/>
<span style='padding-top:5px;;float:right;text-align:right;'><a expr:href='data:post.url' rel='bookmark'><b>Read more</b></a></span>
</b:if>
</b:if>

Klik simpan template dan selesai.

Keterangan:

  1. Download template terlebih dahulu sebagai backup jika kita mengalami kegagalan dalam proses editing.
  2. Gunakan tombol Ctrl+F pada keyboard untuk mempercepat proses pencarian kode yang kita inginkan di dalam template blog.
  3. summary_noimg merupakan jumlah karakter yang ditampilkan tanpa menggunakan gambar dalam postingan blog.
  4. summary_img merupakan jumlah karakter yang ditampilkan ketika dalam postingan blog terdapat gambar.
  5. img_thumb_height merupakan tinggi gambar yang ditampilkan.
  6. img_thumb_width merupakan lebar gambar yang ditampilkan.
  7. Kita juga dapat mengganti tulisan Read more sesuai keinginan kita.


Pemasangan read more dalam blog juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah pageviews. Jika blog kita sudah terpasang read more tentu setiap pengunjung tidak bisa membaca artikel di halaman depan blog kita secara tuntas karena ada fungsi read more yang hanya menampilkan sepenggal tulisan awalnya saja. Sehingga, untuk bisa membacanya sampai selesai pengunjung tersebut harus klik read more untuk membuka halaman artikel secara keseluruhan. Nah, alasan inilah yang kemudian membuat jumlah pageviews atau jumlah halaman postingan blog kita yang dibuka oleh pembaca menjadi bertambah banyak.

Manfaat lainnya dari pemasangan read more adalah kita dapat menampilkan jumlah postingan yang lebih banyak di halaman depan blog karena setiap posting yang ditampilkan merupakan hasil ringkasan dari fungsi read more yang membuat postingan tersebut menjadi semakin pendek. Ketika postingan yang tampil di halaman depan menjadi lebih banyak maka pengunjung akan memiliki lebih banyak lagi pilihan untuk membuka dan membaca artikel dalam blog kita.
Judul Cara Membuat Read More Otomatis
Deskripsi Read More Otomatis – Read more dalam blog sangat berperan penting bagi tampilan halaman depan blog ...
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1001 Ulasan