Perbedaan Website Dan Blog

Ditulis oleh: -
Perbedaan Website Dan Blog
Gubernur Blogger - Pasti di antara kita masih banyak yang bingung perbedaan antara website dan  blog. Untuk itu, di artikel ini disajikan beberapa informasi terkait website dan blog.

Website
Website atau lazim disingkat web merupakan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet. Dengan begitu, informasi tersebut bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet.
Pengertian lainnya dari website adalah sebagai salah satu alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam pendistribusiannya. Apa pun pengertiannya, tentunya kita semua setuju bahwa website adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar (baik diam mau pun bergerak), data animasi, video, suara, dan gabungan dari semuanya, baik statis mau pun dinamis.

Semuanya membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling berkaitan, masing-masingnya dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Secara terminology, website merupakan kumpulan dari halaman-halaman situs yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau sub domain. Halaman-halaman situs tersebut berada di dalam WWW (World Wide Web) di internet. Word Wide Web terdiri atas seluruh situs web yang tersedia kepada publik.

Halaman–halaman sebuah situs web (web page) diakses dari sebuah URL yang menjadi ‘akar’ (root), disebut dengan homepage (sering diterjemahkan menjadi beranda). URL ini mengatur web page untuk menjadi sebuah hirarki,  walau pun hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut untuk memberitahu para pembaca bagaimana arus informasi ini berjalan.

Sebuah web page adalah dokumen yang ditulis dengan format HTML (Hyper Text Markup Language) dan bisa diakses melalui HTTP. HTTP merupakan protocol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pengguna melalui web browser.

Semua publikasi dari website-website tersebut akan membentuk sebuah jaringan informasi yang lumayan besar. Web page layaknya seperti sebuah buku yang bisa menampung berbagai informasi mengenai banyak hal, baik bersifat komersil mau pun non komersil.Dengan adanya website, seseorang bisa memberikan informasi tertentu untuk orang banyak.

Website mulai dikenal sejak 1998 dan hanya perusahaan besar yang mampu memilikinya. Pada saat itu, website termasuk salah satu teknologi yang lumayan mahal untuk dimiliki. Harga yang mahal membuat para pengusaha mau pun produsen mengurungkan niatnya untuk mempunyai media promosi ini.

Saat itu, penyedia jasa pembuatan web yang menawarkan harga murah masih langka. Hal ini lah yang membuat keinginan perusahaan-perusahaan tersebut memiliki sebuah website murah adalah sebuah mimpi.
Tentu sekarang dan dulu jelas berbeda. Saat ini terdapat hampir milyaran halaman website yang meramaikan dunia maya. Sebagian dari website tersebut merupakan web komersial yang sifatnya untuk keperluan bisnis juga perdagangan.

Rupanya media promosi dalam bentuk website mempunyai pengaruh besar dalam kemajuan dunia usaha. Buktinya akhir-akhir ini banyak pengusaha, baik besar mau pun kecil, telah menggunakan website sebagai media promosi dalam memasarkan produk dan jasanya.

Fungsi website bukan hanya sebagai media promosi, melainkan juga sebagai upaya dalam meningkatkan prestise dari suatu perusahaan. Hal ini lah yang membuat banyak pengusaha memberanikan diri untuk mengeluarkan biaya cukup besar demi mempunyai media online tersebut.

Perlu kita ketahui bahwa website bisa diakses di seluruh dunia, sehingga bisa dilihat oleh calon konsumen selama 24 jm sehari, 365 hari setahun. Setiap harinya, ratusan orang online untuk menggunakan email, chating, membeli produk di toko online, mencari informasi, mau pun sekadar keperluan hiburan.
Sejauh ini, website lebih mudah untuk dimengerti, lebih cepat untuk diakses, dan efektif dalam hal biaya dibandingkan dengan media lainnya. Di website, kita bisa memasang gambar, artikel, detail produk, ataupun segala macam informasi.

Website merupakan bagian terpenting dalam promosi perusahaan dan strategi marketing. Pembuatan website pelu diperhatikan dengan serius untuk dijadikan agenda marketing. Lebih dari itu, website juga berfungsi untuik meningkatkan bonafiditas perusahaan.

Manfaat atau kelebihan lainya dari website dibandingkan media lainnya antara lain sebagai berikut.
  • Publikasi bisnis, baik produk mau pun jasa (dalam jumlah yang bisa mencapai miliaran) pada calon konsumen guna menaikkan penjualan.
  • Bisa update informasi dengan mudah dan cepat.
  • Menghemat biaya administrasi dan komunikasi.
  • Beriklan dan menyampaikan informasi tanpa henti selama 24 jam sehari. Edukasi klien dan calon klien tentang produk atau jasa yang Anda berikan.
  • Outlet Perusahaan tambahan di dunia maya. Terima order kapan pun.
  • Brand Awarness dengan cara tukar link atau dengan iklan di website terkemuka.
  • Mempermudah klien dalam melakukan bisnis.
  • Meningkatkan kepercayaan atas bisnis yang Anda berikan. Desain dan isi website bisa mencerminkan keseriusan sebuah perusahaan
  • Bonafiditas naik. Kartu nama bukan hanya berisi kontak alamat, telepon dan email, melainkan jugaditambah dengan alamat website Anda.
  • Risiko kehilangan calon klien atau risiko klien kehilangan informasi bisa ditekan seminim mungkin.
  • Menjalin bisnis (bekerja sama) dengan partner dari luar negeri.
Blog
Blog adalah singkatan dari web blog. Blog merupakan bentuk aplikasi web yang dirangkum dalam beragam tulisan (dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan–tulisan tersebut biasanya dimuat dalam urutan terbalik. Maksud dari urutan terbalik adalah isi terbaru terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan isi yang lebih lama. Urutan tersebut tidak selamanya demikian.
Situs web seperti ini biasanya dengan mudah diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan tujuan dan topik dari pemilik blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com. Awalnya, media blog dimiliki oleh Pyra Labs dan kemudian diakuisisi oleh Google.com sejak akhir 2002 lalu. Semenjak itu lah, banyak aplikasi yang sifatnya terbuka untuk membuka peluang bagi perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog merupakan situs web yang mempunyai banyak fungsi. Mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi (dalam sebuah kampanye politik), sampai dengan program-program media dan perusahaan–perusahaan.
Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sedangkan sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Selain itu, banyak juga web yang mempunyai fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti kolom komentar dan buku tamu. Kolom komentar tersebut memungkinkan para pengunjungnya meninggalkan komentar terhadap isi dari tulisan yang dipublikasikan. Akan tetapi, ada juga sebagai penulis yang bersifat non-interaktif.

Kelebihan Blog
 
Blog sangat ideal untuk berbagi informasi yang ditujukan kepada orang banyak. Tidak heran bila ada beberapa kelebihan blog dibandingkan media web lainnya.
  • Dalam sebuah blog, siapa saja bisa dengan mudah melakukan posting. Hal ini dikarenakan, sudah banyak tersedia template blog di internet. Para pengguna tidak perlu mendesain gambar sendiri, tapi harus fokus terhadap isi tulisan yang dimuat di blog miliknya.
  • Dengan blog, kita bisa sekaligus belajar search engine. Hal ini dikarenakan, secara alami blog sudah dibuat untuk menjadi rangking pertama dalam search engine. Jadi, apabila ingin benar-benar belajar search engine, blog adalah solusinya.
  • Blog merupakan media komunikasi dua arah yang sangat ideal. Blog dapat dengan mudah menerima masukan atau feedback dari orang lain, berbeda halnya dengan website. Dengan adanya blog, siapa saja bisa memberikan komentar dan terlibat dalam sebuah artikel mau pun topik. Apabila banyak komentar yang datang di blog tersebut, blog juga akan selalu terupdate. Dengan mudahnya blog terupdate, dapat memberikan ranking bagus bagi blog tersebut.
  • Blog merupakan sarana promosi yang lumayan dahsyat. Hal ini dikarenakan, kita bisa dengan mudah memasang banner atau link ke website. Selain itu, juga bisa memberikan review mengenai produk maupun jasa tertentu yang kita promosikan.
  • Blog juga merupakan alat edukasi yang cukup baik. Dengan blog kita bisa mengajak pengunjung untuk membaca dan belajar mengenai pemikiran mau pun opini kita terhadap suatu topik.
Demikian lah artikel mengenai perbedaan antara website dan blog. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
Judul Perbedaan Website Dan Blog
Deskripsi Gubernur Blogger - Pasti di antara kita masih banyak yang bingung perbedaan antara website dan  blog. Untuk itu, di artikel ini disajikan...
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1001 Ulasan