Peluang Usaha Busana Muslim

Ditulis oleh: -
Peluang Usaha Busana Muslim
Peluang Usaha Busana Muslim memang banyak diminati, terutama menjelang lebaran. Apalagi sekarang busana muslim dibuat secara modis sehingga membuat si pemakai terlihat menarik. Tidak heran apabila usaha busana muslim ini tampak menggiurkan.

Anda bisa menjual mulai dari baju muslim, mukena, dan juga kerudung. Dalam menjual busana muslim ini, Anda juga harus memiliki siasar. Salah satunya dalam hal harga. Apabila harga barang Anda lebih murah, serta tidak ketinggalan trend, bukan tidak mungkin produk Anda akan digemari.
Selain itu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memajukan bisnis penjualan baju muslim Anda.

Grosir dan Eceran

Jika mempunyai modal yang cukup besar, Anda bisa terjun sebagai penjual grosir. Anda juga akan menjadi orang pertama yang membeli dari produsen dan bisa menjualnya kembali dengan jumlah yang banyak. Dengan menjual barang kembali Anda bisa mendapatkan keuntungan dan mendapatkan barang dengan harga murah, karena membeli dari sumber pertama.

Tetapi, sebagai penjual grosiran Anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang besar. Untuk penjual grosir, yang terpenting adalah barang terjual kembali dengan cepat. Dalam mengambil keuntungan penjual grosir ini Anda hanya bisa mendapatkan keuntungan sekitar 10-15 persen.

Sebaliknya apabila mempunyai modal sedikit, Anda bisa menjadi penjual eceran. Sebagai penjual eceran Anda bisa mendapatkan keuntungan 30-100 persen dengan membeli barang paling banyak 1 kodi, Anda juga bisa menjual kembali di toko online, butik, teman, atau juga kerabat.

Desain Sendiri

Untuk yang memiliki kemampuan mendesain sendiri, Anda bisa terjun sebagai penjual serta produsen. Untuk meproduksi desain sendiri Anda tidak harus mempunyai konveksi. Anda bisa menggunakan sistem makloon, dengan sistem ini Anda cukup menyediakan bahan dan desain. Untuk pekerjaan menjahit, membordir, hingga pemasangan aksesoris, serahkan saja kepada ahlinya dengan sistem upah.

Dengan sistem makloon ini kerugian bisa lebih diteka, karena Anda tidak usah membeli alat penjahit, bordir, dan tukang obras sendiri. Jadi, jika produksi sepi, Anda tidak punya tanggung jawab moral kepada para pekerja tersebut.
Harga Terjangkau
Langkah berikutnya adalah menentukan segmen. Tentukan apakah Anda hanya akan menjual busana muslim khusus perempuan, anak-anak, laki-laki dewasa atau yang lainnya. Jika Anda menjual produk di mall, spesifikasi produk bisa lebih meningkat penjualannya, karena pembeli akan mendapatkan varisasi produk lebih banyak. Namun, bila Anda menjualnya di butik, keragaman sebuah produk tentu akan membuat butik terlihat lengkap.

Spesifikasi yang ditentukan akan menentukan harga produk yang dijual. Misalnya, Anda ingin menjual busana muslim perempuan dari kalangan menengah ke bawah. Dengan satu desain, Anda bisa membuat puluhan hingga ratusan model. Pengerjaan yang massal akan membuat biaya produksi tidak terlalu besar dan harga jualnya pun tidak tinggi, ini akan lebih menguntungkan.
Trend Mode
Bagi seorang pengusaha hal yang perlu diperhatikan adalah memiliki kemampuan melihat trend. Bahkan akan lebih bagus lagi jika Anda bisa menciptakan trend sendiri. Karena pakaian merupakan poduk desain yang selalu berubah-ubah. Desain yang menarik dan mengikuti trend mode tentunya akan diminati oleh pembeli. Untuk itu, bagi Anda yang pertama kali membuka usaha busana muslim, ilmu tentang desain cukup diperlukan.
Sebagai contoh, trend pakaian pada lebaran akan dihiasi dengan corak batik yang dipadukan dengan bahan lain, sehingga lebih variatif dan tidak terkesan formal. Sementara itu, trend busana muslim masih didominasi blus. Busana muslim memang sudah lazim dipakai pada saat lebaran.

Ada juga model terbaru busana muslim batik untuk wanita yang difokuskan pada lengan dan bawahan. Sementara itu, warna bagian dalam bawahan dibuat sama dengan bagian atas busana muslim wanita.
Selain batik, potongan baju muslim berbentuk jubah juga banyak tersedia di pasaran. busana muslim model jubah akan membuat penampilan Anda menjadi anggun dan elegan tanpa ada kesan berlebihan. Aksen gelombang pada garis luar jubah mempercantik busana muslim tersebut. Busana muslim model jubah tidak hanya dipakai oleh wanita remaja, wanita dewasa dan paruh baya juga akan tampak lebih indah saat memakainya.

Selain itu, hal yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan barang berkualitas dan murah adalah Anda bisa membeli di sentra pakaian murah di tempat-tempat terkenal sebagai sentra busana muslim.

Ramainya Bisnis Busana Muslim

Berbusana tertutup, atau menutup aurat, dalam hal ini dapat diwakilkan oleh busana muslim menjadi kewajiban bagi seluruh wanita muslim. Berbisnis busana muslim pun menjadi memiliki keuntungan yang dua kali lipat. Keuntungan pertama adalah mendapatkan pahala, karena seolah ikut mengajak wanita muslim yang belum menutup aurat untuk menutup aurat, keuntungan yang kedua didapat dari hasil penjualan busana muslim.

Selain memberikan keuntungan yang cukup besar usaha busana muslim ini memiliki peminat yang cukup banyak. Sehingga para usaha busana tersebut tidak terlalu sulit untuk menawarkan produknya kepada konsumen.

Tidak hanya di pedesaan atau di perkotaan, baik kaya atau pun miskin mereka tetap bersemangat untuk mengenakan busana muslim. Busana muslim yang dikenakan juga semakin variatif dan menarik.

Konsumen

Perhatikan kalangan yang akan Anda jadikan sasaran. Biasanya, sasaran dari bisnis baju muslim ini adalah para wanita muslim. Pada saat ini minat konsumen akan baju muslimah cenderung sangat meningkat, karena desain baju muslimah sangat bervariatif dengan trend fashion yang terus berkembang. Model-model baju muslimah ini lebih modis dan nyaman dipakai. Sehingga baju muslimah tidak hanya dicari pada bulan ramadan dan lebaran, namun juga, ramai dicari di hari-hari biasanya.

Peluang Bisnis

Ramainya peluang bisnis baju muslimah membuat persaingan bisnis di bidang ini cukup ketat. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk mencari peluang. Jika Anda ingin membuka usaha ini dan memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa memproduksi sendiri baju muslimah yang akan dipasarkan. Jika Anda belum punya modal yang cukup, bisa mencari barang dagangan ke grosiran.

Selain itu, Anda bisa menjadi agen dari produk baju tersebut yang telah memiliki brand. Biasanya brand yang cukup terkenal akan memberikan potongan harga untuk para agennya.

Untuk Anda yang suka membaca busana muslim, hal tersebut akan menambah pengetahuan untuk memulai berbisnis busana muslim. Biasanya dalam bacaan terdapat berbagai iklan produsen busana muslim yang menawarkan busana dagangannya. Dari sekian banyak merek brand yang diiklankan, tentunya akan semakin memudahkan Anda untuk menentukan pilihan busana muslim yang akan dikembangkan.

Dengan perkembangan di dunia fashion, bentuk atau desain dari busana muslim juga semakin variatif. Busana muslim tidak lagi dipandang sebagai pakaian dengan model yang jadul dan tidak keren. Semoga majunya bisnis ini mengilhami Anda untuk berbuat kebaikan.
Judul Peluang Usaha Busana Muslim
Deskripsi Peluang Usaha Busana Muslim memang banyak diminati, terutama menjelang lebaran. Apalagi sekarang busana muslim dibuat secara modis sehingg...
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1001 Ulasan