Kopi Luwak

Ditulis oleh: -
Kopi Luwak
Gubernur Blogger - Kopi luwak adalah kopi yang memang dihasilkan dari luwak. Luwak adalah hewan sejenis musang, tergolong mamalia dan rata-rata berbulu gelap. Luwak sebenarnya adalah sebutan masyarakat Jawa terhadap musang. Namun, sekarang sebutan musang luwak menjadi sangat umum.

Luwak adalah hewan yang sangat menyukai buah-buahan, termasuk buah kopi yang sudah matang. Jadi, luwak akan memakan buah kopi, mencernanya di dalam perut secara alami, lalu mengeluarkan biji kopi bersama feses. Biji-biji kopi inilah yang nantinya akan diolah menjadi kopi terenak di dunia tersebut.
Sekilas terdengar menjijikan, ya? Bagaimana tidak, membayangkan biji kopi yang tercampur kotoran luwak saja pastinya sudah membuat banyak orang merasa mual. Namun jangan salah paham dulu, karena tentunya pengolahan biji-biji kopi luwak ini nantinya akan melalui proses yang benar-benar bersih sehingga aman dikonsumsi oleh manusia.

Masih terdengar tidak meyakinkan? Ya, bagi Anda yang belum meminum kopi luwak mungkin akan merasa tidak yakin tentang kelezatan kopi dari hewan musang tersebut. Tapi, sekali lagi perlu Anda ketahui, kopi luwak ini memiliki harga yang sangat mahal. Bisa jadi, termahal di dunia.

Di Indonesia, secangkir kopi luwak rata-rata dijual dengan harga sekitar Rp80.000-Rp200.000 per cangkir. Sementara itu di luar negeri, harga secangkir kopi luwak bisa mencapai harga jutaan rupiah. Harga-harga yang fantastis ini tentunya bisa menjadi bukti bahwa cita rasa kopi luwak memang tiada duanya.

Proses Pembuatan Kopi Luwak

Anda mungkin ingin tahu tentang bagaimana cara membuat kopi luwak dan penasaran proses apa saja yang dilalui si biji kopi hingga memiliki harga yang begitu mahal. Di bawah ini adalah proses membuat kopi luwak yang mungkin bisa menuntaskan rasa penasaran Anda:

1. Panen kopi

Hal pertama yang tentunya harus dilakukan adalah memanen buah kopi. Para petani tentunya hanya akan memetik buah-buah kopi yang sudah matang. Ciri buah kopi yang telah matang adalah yang berwarna merah terang.

2. Penyortiran

Setelah dipanen, buah kopi masih harus disortir terlebih dahulu, karena biasanya tak jarang buah kopi yang belum benar-benar matang malah ikut terpetik. Petani akan memilih buah kopi yang masih terlihat bagus dan berwarna merah. Buah kopi yang warnanya masih merah pudar atau malah agak kehijauan harus disisihkan. Hal ini harus dilakukan karena luwak hanya mau memakan buah kopi yang sudah benar-benar matang.

3. Kopi diberikan pada luwak

Setelah disortir, kopi-kopi dengan kualitas bagus tadi akan diberikan langsung pada luwak untuk dimakan. Di tahap ini, nantinya akan terjadi semacam proses penyortiran kedua. Dengan indra penciumannya yang sangat peka, luwak akan memilih sendiri buah kopi terbaik yang mereka anggap sangat matang dan layak untuk dimakan.

Luwak sendiri sebenarnya tidak menyukai biji kopi. Hewan mamalia ini hanya menyukai bagian daging dari buah kopi tersebut. Begitu buah kopi dimakan, buah dan biji kopi yang masuk ke perut luwak akan mengalami proses kimiawi secara alami. Namun, perut luwak tidak mampu mencerna biji-biji kopi yang sangat keras. Biji-biji kopi yang telah terfermentasi di dalam perut luwak tersebut nantinya akan keluar secara utuh bersama kotoran atau feses luwak itu sendiri.

4. ‘Panen’ kopi luwak

Saat luwak mengeluarkan kotoran, Anda akan menemukan banyak biji-biji kopi yang masih sangat utuh. Biji-biji kopi inilah yang dikumpulkan oleh petani kopi luwak untuk kemudian diproses lebih lanjut. Bij-biji kopi yang berasal dari luwak ini kemudian dicuci sampai benar-benar bersih. Setelah itu biji akan dijemur hingga kering.

5. Proses menyangrai

Biji kopi yang sudah dikeringkan sebaiknya disortir kembali untuk mendapatkan biji-biji kopi berkualitas. Selain itu, akan lebih baik bila ukuran kopi seragam seluruhnya. Setidaknya, jangan sampai ada biji kopi yang pecah. Jadi, tingkat kematangannya merata ketika disangrai.

Siapkan wajan dan kompor. Untuk tahap awal, sangrai biji kopi di atas api besar sambil terus diaduk-aduk. Saat biji kopi mulai berubah warna menjadi kecokelatan, segera kecilkan api kompor agar tidak cepat hangus. Aduk terus biji kopi hingga dirasa sudah cukup matang. Salah satu ciri biji kopi yang matang adalah terdengar semacam bunyi retakan dari biji-biji kopi tersebut.

6. Penumbukan

Proses selanjutnya dalam cara membuat kopi luwak adalah menumbuk atau menghancurkan biji kopi yang sudah disangrai. Bila sudah benar-benar hancur dan halus, hasil tumbukan ini disaring atau diayak untuk mendapatkan bubuk kopi yang lebih lembut.

7. Penyajian

Anda sudah memiliki bubuk kopi luwak? Saatnya membuat secangkir kopi luwak yang nikmat. Caranya pun sangat mudah dan sama seperti saat Anda membuat kopi biasa. Anda tinggal menyeduhnya dengan air panas, dan kopi luwak siap dinikmati.

Bagi sebagian orang, meminum kopi luwak tanpa gula dianggap lebih nikmat karena aroma kopinya yang tajam akan terasa lebih mantap. Namun bila Anda tidak suka, bisa juga ditambah gula agar kopi luwak terasa sedikit manis.

Manfaat Kopi

Sampai saat ini kopi masih menjadi salah satu minuman yang dianggap mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan. Namun, dalam dosis yang tepat, kopi pun sebenarnya punya banyak manfaat yang tidak bisa dianggap remeh.
Manfaat-manfaat kopi ini terkuak setelah banyak ahli kesehatan melakukan penelitian. Baik berupa penelitian terhadap kopi, survey kesehatan dari para pencinta kopi, atau melakukan penelitian dengan binatang percobaan yang disuntik dengan kafein kopi.
Jadi, apa saja manfaat kopi yang masih banyak belum diketahui oleh banyak orang?
  1. Meningkatkan stamina dan kesegaran tubuh.
  2. Mampu mencegah penyakit stroke dan penyakit jantung.
  3. Menurunkan resiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker kulit, kanker hati, dan kanker usus besar.
  4. Mengurangi rasa depresi/stress dan meningkatkan ketenangan hati.
Itulah proses membuat kopi luwak serta beberapa manfaat kopi yang patut untuk Anda ketahui. Kopi memang punya manfaat tersendiri bagi kesehatan. Namun, tentu saja jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsinya. Bagaimanapun juga sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik bagi kesehatan, bukan?


Judul Kopi Luwak
Deskripsi Gubernur Blogger - Kopi luwak adalah kopi yang memang dihasilkan dari luwak. Luwak adalah hewan sejenis musang, tergolong mamalia dan rat...
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1001 Ulasan