Seo

Ditulis oleh: -
Seo

Anda tentu telah mengenal istilah SEO kan? Oh?! Ada yang belum hapal toh? Baiklah untuk menyamakan persepsi tentang SEO, berikut akan dijelaskan mengenai pengertian atau definisi dasar SEO itu sendiri?

SEO singkatan dari Search Engine Optimization, suatu proses untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada sebuah situs dengan rangking tinggi pada hasil pencarian dalam sebuah search engine. Semakin tinggi rangking sebuah Situs pada hasil sebuah pencarian, maka semakin besar pula kesempatan situs tersebut di kunjungi oleh pengunjung.

Keuntungan yang langsung kita peroleh dari SEO adalah trafik atau pengunjung yang banyak. Logikanya gini, misalnya kita membuat blog, apa yang kita harapkan dari blog yang sudah dibuat? Pasti kita ingin tulisan itu dibaca banyak orang, bukan? Percuma tulisan bagus tapi ga ada yang baca. Nah, dengan SEO kita bisa memperoleh visitor (pembaca) yang berasal dari Search Engine, semisal google.
Sejarah Search Engine Optimization
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatua proses yang bisa meningkatkan jumlah pengunjung pada sebuah situs atau web. Biasanya SEO ini digunakan kalangan pebisnis online yang memanfaatkan situsnya sebagai lahan bisnis.
Menurut Danny Sullivan yang merupakan seorang programmer, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997. Untuk pertama kalinya istilah search engine optimization ini digunakan oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Ketika itu algoritma search engine belum terlalu komplkes, sehingga mudah untuk dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang telah disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web yang dimiliki oleh masing-masing pemiliki webmaster tersebut. Meta tag ini menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web. Konten dalam sebuah website tersebut dilengkapi dengan rangkaian kata kunci atau keyword.

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten yang ada pada situs sesungguhnya. Dengan memanipulasi kata kunci tersebut maka search engine akan salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut.

Memanipulasi kata kunci di situs tersebut membuat hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian, baik bagi search engine maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Banyaknya manipulasi yang merugikan berbagai pihak tersebut membuat beberapa ahli di bidang teknologi dan informasi membuat solusi agar hal tersebut dapat di atasi. Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan dua mahasiswa Universitas Stanford kemudian membangun backrub yang bisa mengatasi masalah manipulasi kata kunci tersebut. Backrub sendiri merupakan sebuah search engine sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman pada sebuah web.

Algoritma dari backrub tersebut dinamakan dfengan sebutan PageRank. PageRank merupakan sebuah fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman website. Perhitungan ini menggunakan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bis dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di sambungkan atua di-link oleh halaman web lainnya. Nilai PageRank ini akan semakin tinggi nilainya apabila halaman web yang mengfarah pada situs atau web tersebut memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs yang berkualitas tinggi seperti Yahoo! Atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi dariop[ada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
Backup disini hanyalah sebuah permulaan dalam perkembangan search engine optimization. Pada tahun 1998 Page dan Brin kemudian mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat, Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari public pengguna internet. Hal ini dikarenakan keberhasilannya menyajikan hasil pencarian yang berkualitas dan tidak mannipulasi, cepat, serta relevan.

pageRank kemudian menjadi standar baik bagi search engine lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin, sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.
Webmaster dan Search engine
Sejak tahun 1997, perusahaan search engine banyak menyadari beberapa webmaster atau orang-orang yang mengelola website dapat melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil pencarian. Cara-cara yang dilakukan oleh para webmaster ini bisa juga dilakukan dengan cara-cara yang manipulatif dan illegal. Infoseek, salah satu search engine generasi pertama, melakukan perbaikan pada algoritma mereka untuk mencegah manipulasi dengan meta tag yang tidak relevan.

Bagaimanapun, dalam beberapa hal search engine juga menyadari nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian. Bahkan para pengembang search engine ini juga terkadang memiliki kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO yang ada.

Beberapa perusahaan mesion pencari akan mengirimkan perwakilannya atau menjadi tamu pada event-event rutin yang diselenggarakan oleh perusahaan SEO. Hal ini dilakukan untuk menggali berbagai informasi yang berhubugan dengan keuntunga dan langkah-langkah dalam persaingan yang dilak,ukan oleh perusahaan-pderusahaan SEO tersebut.

Search engine besar seperti Google dan Yahoo! Menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya aqgar terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool yang bisa diakses oleh para webmaster setelah memiliki akun Google. Webmaster Tool ini bisa digunakan untuk melihat dan memperkenalkan sitemap bebasis XML standar mereka sendiri.

Sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer yang bisa digunakan oleh webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web yang telah terindeks di database Yahoo! dan juga bisa digunakan untuk melihat informasi link masuk padpa web yang dikelolanya. Namun demikian search engine tidak mentolerir metode SEO yang manipulative dan menghalalkan sega;a cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada sebuah situs atau website.
Etika dan Legalitas Search Engine Optimization
System PageRank yang menjadi sebuah solusi dari amnipulasi sebuah website atau situs lebih banyak dipilih untuk mengurangi kerugian oleh para pengunjung website atau para pengembang search engine. Walau menerapkan algoritma yang kompleks, saat ini juga tidak lagi sepenuhnya mampu menangani trik dan manipulasi dalam sebuah situs atau website.

Sejumlah webmaster dan praktisi SEO banyak melakukan pengembangan dengan mengggunakan beberapa metode. Metode ini dilakukan dengan memanfaatkan cara kerja PageRank agar halaman web klien mereka berada pada peringkat pertama hasil pencarian di search engine.

Bahkan Google yang merupakan search engine terbesar di dunia secara resmi telah melarang menggunakan beberapa teknik illegal, seperti link farming, doorway pages, keyword stuffing, dan auto generated pages atau scraper pages. Situs atau layanan SEO yang tetap menggunakan beberapa hal illegal ini akan terancam dihapus dari indeks pencarian dan juga tidak akan bisa memperbaiki situs yang menjadi sebuah lahan bisnisnya.

Ancaman Google dan search engine lain bukan hanya sekedar gertakan semata. Beberapa perusahaan layanan SEO beserta klien yang mendukung situsnya akan merima penalty yang serius dari search engine. Hal ini ini disebabkan oleh perbuatan ilegel webmaster yang tidak mengindahkan peringatan dari search engine.

Berdasarkan panduan resmi dari pihak penyedia search engine, metode SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung dengan berbagai keuntungan, bukanlah sebuah teknik illegal selama hal tersebut dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang telah disepakati dan ada sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk menjamin setiap situs web bisa memperoleh kesempatan yang sama dalam pencarian. Selain itu, pemerian peringkat yang dilakukan oleh pihak search engine bisa dilakukan dengan cara yang objektif. Pemebrian peringkat ini merupakan hal yang paling berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web yang berkualitas dan manfaatnya bisa dirasakan oleh para pengguna internet.

Demikianlah pembahasan mengenai seluk beluk SEO yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.
Judul Seo
Deskripsi Anda tentu telah mengenal istilah SEO kan? Oh?! Ada yang belum hapal toh ? Baiklah untuk menyamakan persepsi tentang SEO, berikut akan di...
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1001 Ulasan