Tarif Jasa Pembuatan Website

Ditulis oleh: -
Tarif Jasa Pembuatan Website
Ketika telepon dari klien berbunyi, Anda mengangkat telepon tersebut lalu agak terasa canggung ketika harus menjawab berapa biaya yang harus dikeluarkan klien untuk jasa Anda. Atau dalam pertemuan langsung Anda sudah menjelaskan kelebihan dan portofolio dari karya Anda, namun gagap disaat klien menanyakan tarif yang harus ia bayar.

Hmmm, itupun pernah saya alami ketika bernegoisasi dengan klien. Selalu terjadi dilema antara harga yang terlalu rendah VS takut kehilangan klien. Menetapkan harga terlalu rendah mungkin menunjukkan bahwa Anda tidak menghargai pekerjaan dan mungkin juga Anda tidak akan merasa termotivasi untuk menyelesaikan proyek. Namun , harga yang sangat tinggi berarti bahwa Anda mungkin kehilangan klien dan dengan begitu hilanglah sudah pendapatan Anda. -_-

Menentukan berapa besar tarif jasa bagi Anda yang pemula tentu agak sulit. Namun bukan berarti tidak ada jalan keluar. Saya disini tidak akan menentukan harga mati untuk tarif jasa Anda, itu sih bisa Anda sesuaikan sendiri, Hehe.(Saya juga heran kenapa itu menjadi hal yang tabu ^_^, namun yang namanya Jasa agak sulit juga ditentukan standar harganya)

Namun, disini saya akan berikan 7 tips yang bisa Anda terapkan dalam negoisasi agar mendapatkan kesepakatan harga yang sesuai, diantaranya :

Lihat Prioritas Kebutuhan Klien. Misalnya, jika Anda diminta untuk membuat website 10 - halaman untuk dua klien yang berbeda , akankah Anda memberi tarif yang sama? Jika YA, tidak masalah sih. Tapi coba perhatikan seberapa pentingkah website yang akan Anda buat nanti dimata klien tersebut . Jika website yang Anda buat akan menjadi website non -profit, tak perlulah Anda menetapkan standar harga yang terlalu tinggi. Namun jika itu akan membawa sejumlah besar keuntungan tiap bulan kepada klien Anda , tetapkanlah biaya yang lebih untuk klien Anda !

Berikan Klien Anda Beberapa Pilihan. Ketika membuat harga penawaran selalu berikan klien Anda beberapa pilihan . Misalnya, Anda dapat membuat ‘ paket ‘ : Desain website + pengembangan website = Rp 3.000.000 || desain website + pengembangan website + SEO = Rp 3.500.000 || , dan seterusnya. Dengan cara ini klien Anda akan memilih opsi yang menurut dia terbaik. Anda juga bisa memasukkan diskon untuk paket yang harganya lebih besar , untuk membuat klien memilih pilihan yang paling mahal.

Paketkan Tarif Anda. Lanjutan dari tips kedua, jika Anda sudah banyak menangani berbagai macam project, tentu Anda dapat menentukan tingkat kesulitan masing-masing jenis website. Misalkan anda dapat membuat paket website Company Profile dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan paket website Toko Online. Begitupun selanjutnya. Anda dapat memasukan itu kedalam daftar katalog jasa Anda. Namun pastikan setiap harga di tulis dengan kata Mulai dari, agar ketika bernegoisasi harga tersebut bisa naik. He-he,

Tekankan pada Penghematan Waktu. Harga terendah tidak selalu menjadi pilihan yang tepat apalagi orientasi Klien Anda untuk keperluan Bisnis. Anda bisa bermain harga pada waktu pengerjaan. Semakin sedikit deadlinenya, maka akan semakin mahal pula tarif Anda. Namun disesuaikan yah dengan kemampuan Anda.

Buat Kualitas Portofolio yang Tinggi. Pengalaman adalah salah satu elemen yang paling penting dalam mendefinisikan tarif Anda. Selain itu, Anda juga akan menarik klien yang lebih baik dengan dana yang lebih tinggi dan mulai bekerja pada proyek-proyek besar. Namun yang paling penting, jujurlah dalam mengungkapkan portofolio Anda. Percuma mengarang hasil kinerja Anda karena pada akhirnya kinerja Anda akan terbukti pada pengerjaan proyek. Lebih baik menampilkan sedikit Portofolio tetapi menggambarkan kemampuan Anda, dari pada banyak portofolio palsu tapi pada akhirnya membuat klien kecewa.

Pilih Kata-Kata Bijak. Ketika membuat penawaran harga, cara Anda berbicara sangat penting . Beberapa kalimat yang tampaknya tidak penting dapat membuat perbedaan besar ! Kata-kata seperti “Wah, harganya terlalu kecil pak buat saya, nanti kasihan saya” dengan “Mari kita buat kesepakatan ulang biar sama-sama enak”, kedua kalimat tersebut memiliki dampak psikologis besar pada klien Anda. Jadi ada baiknya Anda merangkai kata-kata yang enak didengar, ^_^.

Jangan Turunkan Tarif Anda. Anda sudah terlanjur menetapkan harga. Namun jika klien merasa harga yang Anda tawarkan terlalu tinggi, jangan sekali-kali menurunkan tarif . Hal ini menunjukkan kurangnya rasa percaya diri dan ketidakmampuan menilai pekerjaan Anda sendiri . Ya , Anda mungkin akan kehilangan klien karena ini, tetapi Anda harus berpikir bahwa sangat buruk bila anda bekerjasama dengan orang yang tidak sesuai. Anda juga memiliki hak untuk memilih klien Anda , bukan hanya sebaliknya.
Judul Tarif Jasa Pembuatan Website
Deskripsi Ketika telepon dari klien berbunyi, Anda mengangkat telepon tersebut lalu agak terasa canggung ketika harus menjawab berapa biaya yang har...
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1001 Ulasan